Tes Telkom : Pengalaman Tes Online Telkom Contoh soal Psikotest Telkom

1 comment

 

Pengalaman seleksi Costumer Service Telkom Indonesia


Hai hai..
Apa kabar?
Semoga kalian dalam keadaan sehat yaa..
Aku akan berbagi pengalaman mengenai Seleksi Tahap I Program Rekrutmen Fresh Graduate PT TELKOM Tahun 2021 atau GPTP (Great People Trainee Program) Telkom. 
Siapa sih yang gak tau Telkom? Nih, buat yang belum tau PT Telkom Indonesia Tbk, biasa disebut Telkom Indonesia atau Telkom saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Jadi sebenarnya, salah satu cita-citaku adalah bekerja di salah satu perusahaan BUMN. Karena itu, aku sangat tertarik untuk ngelamar di PT Telkom ini.
Berikut penjabaran seleksi fresh graduate telkom yang pernah kujalani, happy reading..

1. Seleksi Administrasi 
Jadi aku dapat informasi lowongan di grup lowker telegram, dan daftar langsung di web resmi telkom. Isi data diri dulu selengkap-lengkapnya lalu apply ke posisi yang dilamar. Kemarin bidang pekerjaan yang dilamar gak terlalu banyak antara lain:
- Access Network Operation & Maintenance
- Transport And Core Network Opertaion & Maintanance
- Service Broadband & Video Platform Design & Planning
- Sales Operation & Management
- Customer Relationship Management
- Customer Service Operations
 Lokasi Penempatan: Sumatera, Kep Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Kep. Maluku dan Papua.


Aku melamar posisi sebagai Customer Relationship Management dengan lokasi penempatan Sumatera pada tanggal 22 Februari 2021. Kenapa aku ngelamar posisi ini karena sebelumnya aku pernah apply posisi relationship officer (kalian bisa baca di blogku), jadi dipikiranku mungkin akan lebih paham karna udah pernah belajar sedikit.

2. Seleksi Psikotest
Kemudian sekitar 2 minggu setelah apply tepatnya tanggal 13 Maret 2021, aku nerima email bahwa aku lolos administrasi dan diundang untuk test psikotest. Aku seneng banget yaa, dan searching serta belajar mengenai psikotest telkom. Jadi testnya dilaksanakan 3 hari, dimulai dari 16-18 Maret dengan 5 jenis test.


Selasa, 16 Maret 2021
  • Data Confirmation 
    Jadi di hari pertama ini, kalian santai aja karena ditahap ini hanya akan melihat data diri yang kita input pada saat mendaftar di web dan memastikan bahwa data diri itu udah benar atau belum. Kalau ada yang salah nanti tinggal ikutin instruksinya langsung. Selanjutnya, akan ada latihan mengerjakan soal. Hal tersebut mungkin dilakukan supaya pada test keesokan harinya, nggak bingung mau ngerjainnya gimana. Untuk tahap ini, paling hanya membutuhkan waktu 5-10 menit.
Rabu, 17 Maret 2021
  • Tes Kemampuan Dasar
    Menurutku, tes ini cukup menguras tenaga dan bikin bingung. Beberapa soal, bahkan belum pernah kujumpai sama sekali. Secara umum tesnya analogi verbal, numerik, figural. Disini aku akan kasih salah satu contoh bagian aritmatika. (-2) _ 13 _ 8 (?) 4 , nah dari soal itu bagian yang "tanda tanya" kita disuruh menebak kira-kira diisi +/-/x/:/=. Sebenarnya sebelum mengerjakan akan ada instruksi, jadi jangan kuatir okey. Aku saranin kalian sering-sering latihan psikotest, supaya lebih terbiasa apalagi dalam management waktunya.
  • Value BUMN
    Di test ini, umumnya mengenai bagaimana seorang pekerja yang profesional. Menurtku ini lebih ke test kepribadian sih. Untuk materi ini aku belajar mengenai core value BUMN yaitu AHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).
Kamis, 18 Maret 2021
  • English Ability Test
    Aku gak bisa berkata-kata sih sama test yang satu ini, cuma mau bilang "gak bisa basa enggresss" wkwkw. Sumpah, ini test nya susah banget banget banget. Reading comprehension sungguh menguras energi, teksnya panjang-panjang padahal waktunya dikit.Buat aku yang englishnya masih intermediet sih kelabakan abiss. Susah bukk.. Saranku sih, kalian sering latihan aja, soal TOEFL mungkin bisa membantu.
  • Wawasan Kebangsaan
    Untuk test ini mungkin udah ga asing lagi, apalagi TWK ini dipake jadi salah satu test CPNS. Lebih membahas ke nilai pancasila, UUD 1945, sejarah indonesia.
  • Tes Bidang
    Sebelumnya, aku udah pernah ikut tes bidang, dalam pikiranku mungkin tes bidang ini lebih ke test sikap kita jika berada di posisi yang kita lamar. Tapi aku salah men, tes bidang ini bener-bener test pengetahuan bidang yang kita lamar. bukan sikap. Aku gatau sama sekali, ditanyain Onetouch, marketing, dan lain-lain. I dont understand :( sedih banget..
3. Pengumuman
Dari pengalaman yang udah aku ceritakan mungkin kalian udah bisa langsung tarik kesimpulan kan. Ya, lagi-lagi aku gak diterima πŸ˜“Aku dapat email, dan disuruh cek di website dan ya aku ga lolos ke tahap berikutnya. Sedih sih sedih banget malah, tapi gapapa setidaknya aku udah tau gimana medan perang dan semoga aku bisa ikut test lagi taun depan dan lolos AMIN. Mungkin jodoh kerjaanku bukan disitu πŸ‘† tapi disana πŸ‘‰.

Sekian dulu sharing dari aku, semoga kalian para pembaca bisa mendapatkan informasi dari pengalaman yang aku tulis ya..

Stay safe and healthyπŸ’›πŸ’œπŸ’šπŸ’™πŸ’—πŸ’“
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment